Instansi : IAIN Kudus
Nama : Riska Fiah Mawanti
NIM : 1940210025
Kelas : KPI A3
MODEL KOMUNIKASI ORGANISASI
PENGERTIAN KOMUNIKASI ORGANISASI
Komunikasi Organisasi adalah pengiriman dan penerimaan berbagai pesan organisasi didalam kelompok dari suatu organisasi.
MODEL KOMUNIKASI
Model Komunikasi adalah gambaran yang sederhana dari proses komunikasi yang memperlihatkan kaitan antara satu kelompok komunikasi dengan komponen lainnya.
Model Dalam Komunikasi Organisasi
Model Komunikasi Linier.
(Model komunikasi linier ini bersifat monolog)
Model Komunikasi Interaksional.
(Model Komunikasi Transaksional Merupakan suatu model yang dilakukan secara komunikatif)
Model Komunikasi Transaksional.
(Model komunikasi ini bersifat dua arah)
Komunikasi sebagai Kebutuhan Organisasi
1. Pesan Tugas.
(yaitu pesan-pesan yang berkenaan dengan pelaksanaan tugas kontrol yang diperlukan)
Pesan Kemanusiaan.
(yaitu diarahkan kepada orang-orang dalam organisasi dengan mempertimbangkan sikap mereka)
2. Pesan Pembeharuan.
(yaitu suatu pesan yang menjadikan organisasi dapat menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan yang terjadi di lingkungannya)
3. Pesan Pemeliharaan.
(yaitu pesan yang berkenaan dengan kebijaksanaan dan pengaturan organisasi, pesan ini mencakup perintah, ketentuan, prosedur dan aturan dalam suatu organisasi)
Komunikasi merupakan kebutuhan dalam organisasi, maka jajaran organisasi harus menjadikan komunikasi sebagai sesuatu yang krusial. Dalam organisasi perlu ditumbuhkan komunikasi yang didasarkan pada sikap saling percaya, menerima, empati, dan kejujuran.
0 komentar:
Posting Komentar