Instansi : IAIN Kudus
Nama : Riska Fiah Mawanti
NIM : 1940210025
Kelas : KPI A3
KONFLIK DALAM KOMUNIKASI ORGANISASI
Pengertian Konflik
Menurut kami, konflik adalah suatu permasalahan yang mengakibatkan pertentangan atau pertikaian antara individu dengan individu maupun dengan kelompok.
Ada tiga pandangan mengenai konflik, yaitu :
1. Pandangan tradisional ini menganggap konflik sebagai hasil disfungsional akibat komunikasi yang buruk.
2. Pandangan hubungan manusia menyatakan bahwa konflik merupakan peristiwa yang wajar dalam semua kelompok dan organisasi.
3. Pendekatan interaksionis mendorong terjadinya konflik atas dasar bahwa kelompok yang kooperatif.
Macam-macam Konflik Dalam Organisasi
1. Konflik peranan yang terjadi di dalam diri seseorang.
2. Konflik antar peranan
3. Konflik yang timbul karena seseorang harus memenuhi harapan beberapa orang.
4. Konflik yang timbul karena disampaikannya informasi yang saling bertentangan.
Penyebab Terjadinya Konflik
- Perbedaan pendapat.
- Salah paham.
- Salah satu atau kdua belah pihak merasa dirugikan.
- Perasaan yang terlalu sensitif.
Sumber-sumber konflik dalam organisasi sebagai berikut.
- Salah pengertian karena kegagalan komunikasi.
- Perbedaan tujuan karena perbedaan nilai hidup.
- Persaingan mendapatkan sumber daya organisasi yang terbatas.
- Masalah wewenang dan tanggug jawab.
Cara Menyelesaikan Konflik
Sorang pemimpin dapat melakukan tindakan alternatif untuk menyelesaikan konflik yaitu sebagai berikut.
1. Menggunakan kekuasaan.
2. Konfrontasi.
3. Kompromi.
4. Menghaluskan situasi.
5. Pengunduran diri.
0 komentar:
Posting Komentar