Rabu, 30 Desember 2020

KOMUNIKASI ORGANISASI :: 12

Instansi                : IAIN Kudus
Nama                   : Riska Fiah Mawanti
NIM                     : 1940210025
Kelas                    : KPI A3

ETIKA KOMUNIKASI ORGANISASI

Pengertian Etika 
Etika berasal dari bahasa yunani, “ethos” yang memiliki arti watak atau kebiasaan, atau dalam bahasa umum seringkali disebut dengan etiket yang berarti cara bergaul atau berprilaku dalam berbagai hal. 
Etika adalah nilai pribadi yang digunakan untuk memutuskan apa yang benar atau apa yang paling tepat dalam situasi tertentu, memutuskan apa yang konsisten dengan sistem nilai yang ada pada organisasi dan diri pribadi.
Ada 2 etika dalam berorganisasi
1. Etika Perorangan (Personal Ethics)
2. Etika Organisasi (Organizational Ethic)

Etika Dalam Komunikasi Organisasi
-Berhati-hati dalam berkata atau tidak menggunakan perkataan yang menyerang kepribadian atau pribadi individu.
- Menggunakan bahasa yang sewajarnya atau dapat dimengerti oleh para peserta komunikasi.
- Singkat, jelas, dan mudah dipahami terutama untuk komunikasi yang bersifat mendesak.
- Tidak menyudutkan pemimpin dan menyebarkan informasi yang tidak benar mengenai pemimpin.
- Menyampaikan informasi atau berita sesuai dengan jalur yang seharusnya.
- Tidak menyampaikan pesan dengan muatan sexual harassment yang dapat membuat anggota organisasi tidak nyaman.
- Tidak menipu komunikasi dengan menyampaikan sesuatu yang tidak benar.
- Tidak seluruh informasi perlu disampaikan apabila hal tersebut membahayakan eksistensi organisasi.
Kebohongan yang dilakukan pada kondisi khusus yang mengancam eksistensi organisasi.
- Menyampaikan keburukan personal yang tidak berhubungan dengan kinerja orang tersebut yang bertujuan untuk menjatuhkan kedudukannya dalam organisasi.

Etika Komunikasi
Aksi Komunikasi, langsung terkait oleh perilaku komunikasi.
Sasaran, adanya analisis yang kritis dan pemihakan kepada yang lemah atau korban
Tujuan, menyangkut nilai demokrasi, terutama kebebasan untuk berekspresi,kebebasan pers, dan hak akan informasi yang benar.

Manfaat Etika Komunikasi
Melancarkan komunikasi dengan orang lain.
Memahami apa yang dikomunikasikan orang lain.
Diterima dalam sosial masyarakat kerana mengikuti etika yang berlaku.
Memperkuat hubungan yang terjalin dengan orang lain.
Pesan yang disampaikan dapat diterima dengan lebih baik.
Dihargai orang lain, karena kita menghargai mereka juga.
Tidak bertindak sembarangan dan seenaknya dalam berkomunikasi.

Etika Terapan dan Komunikasi Organisasi 
Bagaimana menggunakan pendekekatan terapan terhadap moral seperti pendekatan minoritas, kesetara perempuan, penggunaan binatang untuk penelitian, pelestarian lingkungan. 
Etika terapan fokus pada pelaksanaan norma, standar, panduan dan proses untuk menghasilkan keputusan yang etis sehinggameningkatkan kredibilitas dan reputasi organisasi.

0 komentar:

Posting Komentar