Rabu, 03 Januari 2018

SOP (Standart Operasional Prosedur)


Assalamualaikum Wr. Wb.
Kali ini saya akan mebahas tentang SOP (standard operating procedure)

A. Pengertian
SOP adalah suatu set instruksi yang memiliki kekuatan sebagai suatu petunjuk atau direktif. Hal ini mencakup hal-hal dari operasi yang memiliki suatu prosedur pasti atau terstandardisasi, tanpa kehilangan keefektifannya.
Menurut Tjipto Atmoko, Standart Operasional Prosedur (SOP) merupakan suatu pedoman atau acuan untuk melaksanakan tugas pekerjaan sesuai dengan fungsi dan alat penilaian kinerja instansi pemerintah berdasarkan indikator-indikator teknis, administratif dan prosedural sesuai tata kerja, prosedur kerja dan sistem kerja pada unit kerja yang bersangkutan.

B. Latar belakang
SOP merupakan acuan dasar yang harus diikuti oleh setiap pekerja setiap kali melaksanakan pkerjaan sesuai dengan fungsi dan alat penilaian kerja.

C. Maksud dan Tujuan
Mengerti tentang manfaat, tujuan dan fungsi dari SOP.

D. Manfaat dari SOP

  1. Sebagai standarisasi cara yang dilakukan pekerja dalam menyelesaikan pekerjaan dan tugasnya.
  2. Mengurangi resiko kesalahan maupun kelalaian dalam pekerjaan.
  3. Menjadikan pekerja untuk lebih mandiri lagi dan tidak tergantung dengan intervensi manajemen.
  4. Meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelaksanaan tugas dan tanggung jawab individual.
  5. Memberikan informasi akan beban tugas yang dipikul oleh pekerja
  6. Memberikan informasi akan kualifikasi yang harus dikuasai oleh pekerja dalam melaksanakan tugasnya.

E. Tujuan SOP

  1. Agar pekerja dapat menjaga konsistensi dan tingkat kinerja pegawai atau tim dalam organisasi atau unit kerja.
  2. Mengetahui peran dan fungsi tiap posisi di dala organisasi kerja.
  3. Memperjelas alur tugas, wewenang dan tanggung jawab.
  4. Menghindari kegagalan maupun kesalahan kerja.

F. Fungsi SOP

  1. Memperlancar tugas pekerja.
  2. Sebagai dasar hukum jika ada penyimpangan kerja.
  3. Mengajak pekerja untuk lebih disiplin.
  4. Pedoman pelaksanaan kerja.

G. Keuntungan SOP
Pekerja memiliki percaya diri dan tahu apa yang harus dicapai di setiap pekerjaan.
Pekerja akan memiliki komitmen dan konsisten.
Untuk mengukur kinerja dari pegawai.

H. Kesimpulan
SOP merupakan aturan atau pedoman yang harus diketahui oleh setiap pekerja sehingga dapat menjadi dasar hukum jika terjadi penyimpangan kerja.

I. Referensi
https://id.wikipedia.org/wiki/Prosedur_operasi_standar
E-book Pengertian standar operasional kerja (BLC TELKOM KLATEN)
http://fdlid.blogspot.co.id/2018/01/sop-standart-operasional-prosedur.html

J. Penutup
Sekian dari saya, semoga bermanfaat tentang sekilas SOP
Wassalamualaikum Wr. Wb.

0 komentar:

Posting Komentar